[TUTORIAL] TIPS MEMBUAT FMV / FF TRAILER


  1. Tentukan tema
  2. Kumpulkan material yang sesuai dengan tema video yang akan dibuat seperti video CF, MV, BTS, variety show, fancam, concert, drama, movie, serta foto dan lagu/instrument untuk BGM.
  3. Kalau kamu hanya membutuhkan sebagian adegan video dari drama maka sebaiknya kamu memotongnya dulu dengan software video cutter seperti avidemux untuk mempermudah proses penggabungan video nantinya.
  4. Gunakan software video editor untuk menggabungkan material video, foto, dan lagu. Beberapa software yang pernah saya coba adalah : Movavi, VSDC, Wondershare, dan Video Pad Editor. Diantara keempat software tersebut,  VSDC menyediakan fitur yang paling lengkap (kita bisa menggabungkan dua video dalam satu frame, selain itu software ini juga free). Tetapi karena programnya cukup membingungkan saya tidak begitu suka mengedit video menggunakan VSDC, saya justru lebih suka mengedit video menggunakan Movavi yang mempunyai user interface yang simpel sehingga mudah untuk dipahami. Hanya saja karena saya tidak mempunyai SN movavi saya terpaksa tidak menggunakan software ini lagi (Movavi memberi watermark pada video jika kita menggunakan Movavi versi trial). Untuk pemula wondershare juga mempunyai user interface yang mudah dipahami.

No comments

Share your comment here :)